Silakan tunggu sedang proses
Sabtu Legi 04 Juli 2020 17:38
learn make rich
share make it perfect
Ayat Suci
Mereka tidak merasa lelah di dalamnya dan mereka sekali-kali tidak akan dikeluarkan daripadanya.
(QS. AL HIJR:48)

 otomatis refresh

Javascript ayat
Para Rekan
Lain-lain
User online: 57
User login: 0
Statistik BengkelProgram.com
user/passwd: bpuser

Koneksi PC dan HP

Penulis
Tanya jawab dengan Pak Yanri

Aryo Sanjaya <h1>Coeg</h1>
Rabu Pahing, 1 Maret 2006

yanri nurwibowo <yanriemma@...> Mon, Jan 2, 2006 at 12:33 AM
To: aryo.sanjaya@gmail.com
Aku punya problem dengan kirim dan baca sms dengan hp dan PC. Masalahnya bagaimana kalo kirim dan baca sms ini melalui bluetooth. Sehingga diharapkan tidak memerlukan biaya walaupun jaraknya tidak bisa jauh. Aku pake usb bluetooth adapter kalo gak salah IVT bluesoleil(merek). Satu masalah lagi, gimana caranya memanfaatkan driver-nya. Sperti instruksi tulis dan baca yang memanfaatkan driver tersebut secara langsung, meski kita gak mempunyai komponennya dan kalo menggunakan instruksi-instruksi winapi saya susah mengerti dan daftar instruksinya dapat dari mana. Semuanya itu pake delphi 7. Maaf dan terimakasih atas bantuannya.

Aryo Sanjaya <aryo.sanjaya@gmail.com> Mon, Jan 2, 2006 at 1:32 PM
To: yanri nurwibowo <yanriemma@...>
Halo pak Yanri...
 
Saya merasakan adanya miss-link di sini ^_^
 
Kita (maksudnya aplikasi yang kita bikin) ga perlu berhubungan langsung dengan driver.
 
Tugas utama driver adalah menjembatani hardware itu dengan sistem operasi, sehingga sistem operasilah yang nantinya berhubungan dengan bluetooth.
Fasilitas yang hampir pasti ada adalah, adanya satu serial port komunikasi baru (COM), yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh aplikasi pengguna (user) untuk komunikasi dengan bluetooth.
 
Nah, melalui port COM inilah nanti aplikasi kita dapat membaca tulis terhadap HP, yaitu dengan mengetahui nomor port COM tersebut.
 
Karena berupa COM, sehingga aplikasi tidak perlu tau rupa fisik COM tersebut. Nantinya aplikasi dapat melakukan koneksi melalui bluetooth, infrared, atau data cable, dengan tanpa merubah cara konek, karena kalau dilihat dari sisi aplikasi, yang penting dia berhubungan dengan COM.
Artinya, yang penting drivernya diinstall dengan baik, maka nanti akan tercipta satu virtual serial port baru, yang dapat dilihat di Control Panel -> System -> Hardware -> Device Manager
-> Ports (COM & LPT)
 
Kalau masih belum muncul COM baru (biasanya ada tulisane bluetooth/infrared/data cable), berarti driver masih belum terinstall dengan benar.
 
Mungkin begitu? atau malah tambah bingung?
hehehe, panjang banget neh, jadi malu ^_^

Best Regards,

Aryo Sanjaya

 


yanri nurwibowo <yanriemma@...> Mon, Jan 9, 2006 at 12:51 AM
To: Aryo Sanjaya <aryo.sanjaya@gmail.com>
Maaf kalo mas jadi repot. tpi repotinsekali lagi maukan?
Gini mas aku pake bluetooth itu dilingkup OS windows XP. Di hardware manager yang tampil hanya Bluetooth device. Aku cari Virtual com nya berapa itu gak ada yang aku ngerti. Sebelum aku install Comm hanya sampe 3. setelah aku install keluar comm baru sampai 14. ada yang untuk DUN modem HID dll. maaf aku gak ngerti.
Trus aku mo kirim sms itu dari PC ke HP tapi hanya sebatas itu, gak sampe terkirim ke operator. yaa.. menghemat biaya gitu!!!
Oya mas di setup bluetoothnya tersedia serial port A & B yang ditempatkan pada COMM 8&9.
 
terimakasih yang sbebsar-besarnya!
 

Aryo Sanjaya <aryo.sanjaya@gmail.com> Mon, Jan 9, 2006 at 4:46 PM
To: yanri nurwibowo <yanriemma@...>
Halo Pak Yanri,
 
Kalo emang COM-nya sudah lebih dari 2 (melebihi jumlah COM secara fisik) berarti itu adalah virtual serial port.
Mestinya memang jumlah virtual COM cuma 1, sesuai jumlah device yang kita punyai. Tapi kadang kala, kalo drivernya ga stabil, jumlahnya bisa berlipat.
 
Misalnya sekarang virtual COM ada di port 7, nanti kalo device-nya dilepas, lalu ditancapkan lagi, dia akan menambah COM di port 8, sedangkan di COM 7 masih ada, tapi ga kepake.
 
Maka dari itu, saya sering menghapus semua device-nya, lalu diinstall lagi. Itu akan membersihkan (menghilangkan) virtual COM yang tidak dipake lagi.
 
Ok, kembali ke kasus.
 
Kalo anda sudah punya device bluetooth dan sudah terinstall dengan baik, langkah berikutnya adalah melakukan pairing, antara bluetooth anda dengan HP.
Biasanya dari menu aplikasi bawaan bluetooth ada menu untuk melakukan 'Add bluetooth device', atau semacamnya, sehingga HP anda akan terhubung dengan bluetooth.
 
Jika sudah terhubung, maka akan muncul 'modem' baru. Ini bisa dilihat di device manager, pada bagian 'modem'.
 
Kalo sudah muncul modem, anda bisa menggunakan berbagai macam aplikasi untuk mengirim SMS.
Tidak harus membuat sendiri seperti yang dibahas dalam artikel saya.
Untuk aplikasi bikinan anak negeri, silakan pake SMS.ME, download di sini:
 
Untuk yang banyak digunakan, anda bisa memakai aplikasi Oxygen Phone Manager atau Logo Manager.
Silakan search di google ^_^
 
Itu semua memanfaatkan modem yang telah terinstall tadi. Tapi ada juga aplikasi yang langsung mengakses HP itu sendiri, tanpa melewati modem. Gak masalah.
 
Jika sejauh ini anda masih bisa mengikuti, anda sudah di jalan yang benar.

Dan lagi, pengiriman SMS pasti melewati operator, karena fungsi dari berbagai macam aplikasi tersebut adalah sebagai cara pengiriman melalui PC.
 
Ok, kalo ada masalah lagi, silakan dikirimkan... saya senang untuk sharing kok.
 
Terimakasih,
 

Best Regards,

Aryo Sanjaya

 


yanri nurwibowo <yanriemma@...> Sun, Jan 29, 2006 at 9:46 PM
To: Aryo Sanjaya <aryo.sanjaya@gmail.com>
Terimakasih Mas atas bantuannya!!!!!!
 
Sekarang saya mo tanya lagi, gini mas kalo mo menghubungkan mikrokontroller ke usb bluetooth adapter itu bisa gak? apa tipe mikrokontrollernya? ada gak modulnya yang udah dijual disini? apa programnya juga berbeda dengan mikrokontroler lainnya seperti AT89c51? kalo mo cari tutorial ato pembahasan yang lengkap alamat websitenya dimana?
 
Terimakasih banyak dan jangan panggil aku bapak dong Mas Aryo yang terhormat!

 

Aryo Sanjaya <aryo.sanjaya@gmail.com> Tue, Jan 31, 2006 at 1:57 AM
To: yanri nurwibowo <yanriemma@...>
Halo lagi mas Yanri,

Jangan juga panggil aku yang terhormat dong :)
ok, biasa aja deh... hehehe...

Untuk pemrograman perangkat keras, aku masih kurang... dulu sih pernah sedikit membuat untuk ATMEL. Tapi amat sangat sederhana, ga bisa dibanggakan :)

Untuk USB, ada yang dijual rangkaian mentahnya, jadi kita mesti bikin sendiri device-drivernya. Dulu aku pernah diminta temenku bikin drivernya, untuk digunakan sebagai soundcard lewat USB. Tapi ga kesampean, dia keburu pulang kampung :(

Jadi aku ga bisa bantu banyak untuk kasus sampean ini. Kalo mau mencoba, silakan pake url ini:
http://www.beyondlogic.org/usb/usbhard.htm

Semoga ada yang dapat diambil :)

Ok, ditunggu kabarnya... saya akan senang kalo ada yang bisa dibantu :D



Best Regards,

Aryo Sanjaya

 

Aryo Sanjaya <aryo.sanjaya@gmail.com> Tue, Jan 31, 2006 at 2:06 AM
To: yanri nurwibowo <yanriemma@...>
Aku ga yakin apa ini membantu, tapi kayaknya penjelasane tentang dasar2 USB:

http://norum.homeunix.net/~carl/usbp/report-20030331.pdf

Best Regards,

Aryo Sanjaya

 

Komentar

Halaman Komentar:   < 1 2 3 4 5 ... 11 >

syamsu

Minggu Pahing, 22 Oktober 2006

site bengkelprogram ini bagus sekali buat aqu terutama dalam pembuatan program kirim & baca sms lewat pc aqu punya problem pada penangann driver com sedangkan saya menggunakn conneksi dengan infrared bagaimana caranya ya..........

Erry Pratama

Selasa Wage, 28 November 2006

Selamat Siang Pak Yanri....Saya memiliki USB Modem CDMA keluaran Netac. Kendala yang sy hadapi saya tidak memiliki CD Installer nya lg. Dulu PC saya pernah di Instal ulang sehingga saat ini saya tdk dapat menggunakan Modem tersebut, Mohon informasi dan solusi bgm saya dapat mencari driver tersebut. Thaks.

Givwindra

Selasa Wage, 28 November 2006

Assalamualaikum.. Mas Aryo, saya mo nyanya nih.. Apa aja HP nokia yang bisa format PDU? bagaimana cara Koneksi hp ke pc menggunakan 8210 dengan kabel data? bits per secondnya berapa? Ngetestnya gimana Mas? soalnya saya udah nyoba di hyper terminal tp ga ngerespon.. saya ngeset portnya di com1..Makasih banyak ya Mas..

wicaksana

Senin Kliwon, 4 Desember 2006

saya mau tanya gimana cara koneksi internet ke pc melalui hp dengan kartu gsm IM3 bagaimana cara mensetting pc nya

sani

Senin Wage, 18 Desember 2006

asslm. Saya mencoba memakai aplikasi SMS v1.7 yang saya download dari Bapak. namun saya mengalamai PROBLEM dalam mengkoneksikan antara PC dg HP. Sudah saya cobadari COM 1 - 30. Pada Software tidak terhubung ("Gagal membuka Port";). Lalu saya coba menggunakan USB cable data. Tapi tidak kunjung berhasil. Saya mohon bantuan dari Bapak. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. wassalam

tebe

Selasa Pahing, 26 Desember 2006

Mas aryo mau tanya neh....
kebetulan saya juga sedang iseng-iseng alias coba-coba belajar untuk koneksikan HP tipe lama nokia 5110 dengan PC agar bisa konect dan berintergrasi dengan PC, tapi permasalahan yang saya hadapi adalah, ketika hendak menjalankan program pengirim SMS, pada pesan yang saya buat di aplikasi ada pesan 'pesan sms anda sudah terkirim', tetapi ketika di cek ke hp saya yg satunya kok malah ga ada sms masuk?padahal ketika dicoba dikoneksikan, hp dan PC sudah bisa diakses, data-data tentang HP dan operator pun sudah bisa tampil, tapi untuk mengirim sms itu masih ada kesalahan, tolongin yah....kira-kira kesalahannya dimana?apa harus ada komponen lainnya yang harus ditambahkan?

tolong ya mas...makasih atas bantuannya.

jawaban bisa dikirim ke email : tebe_aja@yahoo.com

ardi

Senin Pon, 1 Januari 2007

Mau tanya pak ... saya make P800 sebagai handset...dan Oxygen Phone Manager Untuk OCX..Vb bahasa programnya..boleh minta referensi cara proraming di VB..trims

Hermanto

Sabtu Legi, 3 Februari 2007

Yth tukang akses device sekalian. Di win 98/ME, kita masih bisa akses penuh ke port seenaknya, di NT/2K/XP tidak bisa, contohnya akses ke serial port, dengan cara akses ke address port, akses ke absolute address port di memory, maupun diakalin lewat kerja program supaya bekerja di background lewat dos promt, sudah diblok oleh system. Kalo mau, ya pake driver/ library, tapi perasaan program jadi gak asik. Apa lagi yang namanya USB, itu tidak disa diakses seperti port serial/pararel, sepenuhnya tergantung OS, jadinya program tidak bisa jalan di kernel lain. Gimana caranya supaya program bisa murni "stand alone"?

Aryo:

Iya setuju, aplikasi jadi tidak portable ke OS laen. Kalo misalnya bisa tau teknik membuka akses ke layer hardware, mungkin aplikasi kita bisa membukanya sendiri. Aku belum pernah mencobanya, tapi kayaknya sulit tuh :(

irawan

Selasa Wage, 6 Februari 2007

hallo bos saya punya masalah dengan software buatan saya,bagaimana cara mendial dari pc dngan hp tapi dengan kode * dan # misal cek pulsa *888#,saya mohon bantuan nya bos,saya pake vb

Aryo:

coba pake command: AT+CUSD=1,"*888#",15

irawan

Selasa Wage, 6 Februari 2007

bos bisa minta contoh program untuk mendial * ata # dari pc misal saya mau cek pulsa simpati *888#,terima kasih bosss


Halaman Komentar:   < 1 2 3 4 5 ... 11 >

Mengisi Komentar





untuk kode program, apit dengan tanda [code][/code].
contoh:

[code]
(kode program)
[/code]



Daftar Berita Arsip

» AT command ME45 (217)
Rabu Pahing, 1 Maret 2006

Tanya jawab dengan Ujang Yaya Sunarya

» Tanya telp dari PC (45)
Rabu Pahing, 1 Maret 2006

Hasil tanya jawab dengan saudara Andika, mengenai penggunaan AT Command untuk proses pemanggilan



Halaman:    1  

Account Data
Anda belum login.






 

Login hanya diperlukan bagi kontributor untuk mengisi artikel/berita dan mengupload file/gambar
Status Y!M
Saya sedang Offline. Silakan gunakan menu Kontak atau tinggalkan pesan di Yahoo! Messenger pada Id: aryo_sanjaya
Artikel Rame
Aplikasi Handphone (675)
Senin Pon, 20 Februari 2006

Mengirim SMS dari PC (463)
Senin Wage, 28 November 2005

Membaca SMS dari PC (439)
Selasa Pahing, 14 Juni 2005

Source SMS Autorespond (342)
Senin Legi, 24 April 2006

Barcode Reader (163)
Sabtu Pahing, 20 Januari 2007

Bukutamu
» addin
Kamis Wage
30 Juli 2009

» shen
Senin Legi
27 Juli 2009

» iyha
Rabu Wage
15 Juli 2009

» wawan
Rabu Kliwon
1 Juli 2009

» fuad hasan
Minggu Kliwon
21 Juni 2009


Halaman Bukutamu
Daftar Fungsi
pasaran
Mencari nama hari dan nama pasaran
pdu2sms
Konversi dari PDU ke Teks SMS
bacarss
Membaca RSS dari beberapa situs
Jejak Halaman
© 2005-2020 BengkelProgram.com