Silakan tunggu sedang proses
Kamis Pahing 19 Oktober 2017 02:19
learn make rich
share make it perfect
Ayat Suci
Apakah Allah menciptakannya?
(QS. 'ABASA:18)

 otomatis refresh

Javascript ayat
Para Rekan
Lain-lain
User online: 86
User login: 0
Statistik BengkelProgram.com
user/passwd: bpuser

Aplikasi Handphone

Penulis
Kompilasi beberapa unit yang digunakan untuk mengirim dan membaca SMS, dan menampilkan informasi handphone

Aryo Sanjaya
Senin Pon, 20 Februari 2006

Untuk mengakomodasi masukan dari para rekan, aku menyusun aplikasi dari artikel Mengirim SMS dari PC dan artikel Membaca SMS dari PC, serta sedikit cara untuk mendapatkan informasi mengenai status HP.

Aplikasi ini dibuat dalam versi Delphi, dan dengan teknik yang sama, sangat mungkin untuk diporting ke Visual Basic ;)
untuk rekan yang belum terbiasa dengan Delphi, mungkin kapan-kapan akan aku buat versi VB-nya. Kapan ya...

Ketika aplikasi ini pertama kali dijalankan, dalam keadaan tidak terhubung ke handphone. Kita diberi kesempatan untuk memilih nomor port yang terhubung dengan handphone. Setelah memilih nomor port yang benar, kemudian tekan tombol Konek, maka aplikasi akan berusaha menghubungi HP.

Jika aplikasi sukses terhubung ke HP, maka akan ditampilkan beberapa informasi mengenai HP tersebut.

Berikut ini adalah informasi tersebut:

  • Merk HP, didapatkan dengan mengeksekusi perintah AT+CGMI
  • Informasi modem, dengan command AT+GMM
  • AT+CGSN untuk mendapatkan nomor IMEI
  • AT+COPS? untuk menampilkan operator jaringan
  • AT+CSCA? untuk mendapatkan nomor SMSC (layanan SMS)

Setelah itu, selama program berjalan, indikator dari handphone secara kontinu ditampilkan. Indikator tersebut diambil dengan perintah AT+CIND?

Nilai yang dikembalikan adalah suatu list (rangkaian) yang menandakan indikator HP. Urutan dan nilai indikator dapat berbeda untuk beberapa merk HP. Aku sudah nyoba untuk Sony Ericsson T610 dan Siemens CX65. Hasil yang persis sama adalah pada indikator Battery dan Sinyal, sedangkan indikator yang lain berbeda posisi.

Karena itu, jika ingin aplikasi kamu berjalan full untuk semua merk HP, maka aplikasi harus mendeteksi semua nilai yang didukung oleh HP yang digunakan. Informasi mengenai hal ini dapat dilihat pada command AT+CIND=?

Berikut ini adalah contoh hasil perintah AT+CIND=? pada Siemens CX65:

at+cind=?
+CIND: ("battchg",(0-5)),("signal",(0-5)),("service",(0,1)),
("message",(0,1)),("call",(0,1)),("roam",(0,1)),
("smsfull",(0,1)),("call status",(10x-20x)),
("GPRS coverage",(0,1)),("callsetup",(0-3))

OK

Sesuai urutannya, maka item pertama adalah level battery, kedua adalah sinyal, ketiga adalah kesiapan servis, lalu datangnya SMS baru, terjadinya panggilan (berbicara), kondisi roaming, sms box penuh, dan seterusnya. Silakan mereferensi ke manual masing-masing HP untuk lebih jelasnya.

Untuk mendapatkan nilainya, jalankan perintah AT+CIND? (tanpa sama dengan). Berikut ini adalah contohnya:

at+cind?
+CIND: 2,2,1,0,0,1,0,0,1,0

Yang didapatkan adalah rangkain nilainya. Nilai yang pertama adalah untuk battery, yaitu 2 dari skala 0 - 5 (lihat hasil AT+CIND=? di atas). Sinyal pada HP juga 2, begitu seterusnya.

Informasi tersebut ditampilkan secara terus menerus, dengan interval timer 1000 milisecond (1 detik). Berikut ini adalah contoh tampilan aplikasi:

Page 1 Page 2 Page 3 Page 4

Level sinyal dan battery ditampilkan dalam bentuk gauge meter, sedangkan indikator call, sms, smsfull ditampilkan dengan gambar pada kotak hijau sebelahnya. Ya, aku akui, gambar indikatornya tidak informatif sama sekali. Karena itulah, program ini aku tempatkan di sini, dipersilakan untuk dimodifikasi :D

Fasilitas aplikasi yang lain adalah SMS Info, untuk membaca SMS dari Inbox (termasuk SMS baru), sedangkan untuk SMS dalam folder draft dan sent, aplikasi belum mendukung :( silakan ditambahi, ok.

Page berikutnya adalah fasilitas untuk mengirim SMS. Di sini juga disediakan tombol untuk menyimpan SMS ke dalam folder draft pada HP.

Kedua fasilitas di atas menggunakan kedua unit yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, namun dengan berbagai perbaikan dari masukan rekan-rekan semua, terutama Sri. Makasih banget, ok.

Kemudian, yang belum pernah dibahas sebelumnya adalah pembacaan buku kontak.

Untuk memilih memori penyimpanan kontak, apakah menggunakan SIM Card (kode SM), atau memori handphone (ME), atau keduanya (MT), digunakan perintah AT+CPBS=(SM, ME, MT). Tidak semua HP mendukung ketiganya, maka dari itu aplikasi mesti bijaksana memilih :)
untuk mengetahui media yang didukung, pake perintah AT+CPBS=?
Untuk CX65 defaultnya adalah SM, dan gak bisa ME. Untuk amannya, gunakan saja SM.

Setelah menentukan memori yang dipilih, berikutnya adalah mencari informasi index (nomor posisi) kontak yang tersedia. Gunakan perintah AT+CPBR=?, maka akan diberikan index yang tersedia. Contoh pada CX65:

at+cpbr=?
+CPBR: (1-250),20,12

OK

Hasil itu menandakan bahwa index yang tersedia adalah 1 - 250. Maka kita perlu membaca (looping) dari 1 sampai 250 untuk mendapatkan keseluruhan kontak. Gunakan perintah AT+CPBR=nomor indexnya untuk membaca tiap-tiap index. Contoh:

at+cpbr=88
+CPBR: 88,"+6281524737470",145,"Rasdi"

OK

Hasil yang diberikan tinggal diparsing dan ditampilkan pada listview.

Untuk mendownload aplikasi dan sourcenya, silakan menuju ke bagian update aplikasi.

Jika ingin menjalankan dari source-nya, atau melakukan modifikasi program, lebih mudah kalo menggunakan Delphi 6, karena aku membuatnya dari versi itu.

Untuk versi ini, dibutuhkan library XComDrv untuk mengcompile ulang. Silakan download library tersebut di sini. Extract pada suatu direktori (misalnya c:\ouxcom), lalu open file *.dpk melalui IDE Delphi, dan klik install.

Kemudin tambahkan path di mana ouxcom tersebut tadi di-extract, kedalam path library, agar library tersebut dapat bekerja. Masuk menu Tools > Environment Options > Library > Library path, browse ke c:\ouxcom, lalu tekan add.

Jika diperhatikan, masih banyak fasilitas yang mungkin ditambahkan. Aplikasi tersebut hanya contoh penerapan perintah AT Command untuk baca dan kirim SMS.

Ok, selamat mencoba.

Update Aplikasi

Versi terbaru:
Source: AplikasiSMS_1_7_Src.zip
Aplikasi: AplikasiSMS_1_7_Exe.zip

Source lama: AplikasiHP_1_2.zip

Berikut ini perubahan pada aplikasi:

Komentar

Halaman Komentar:   < 1 2 3 4 ... 68 >

Agus Tri

Rabu Pahing, 1 Maret 2006

Mas Aryo, Kalau pakai web base gimana ya sistemnya, maksudnya apakah bisa pakai seperti di delphi/ Terus, apakah sender id nya bisa diganti dengan sebuah nama bukan nomor. Makasih

Aryo Sanjaya

Rabu Pahing, 1 Maret 2006

Halo Tri, Misalnya digunakan secara web based, aku rasa tidak bisa langsung. Misalnya di PHP/ASP, sangat riskan untuk diterapkan mengakses hardware secara langsung. Dengan ASP kita bisa menciptakan ActiveX untuk mengakses COM, tapi menurutku sangat riskan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan bridging. Misalnya ada request untuk mengirim SMS dari web, maka request tersebut oleh PHP/ASP disimpan ke database/file. Selanjutnya kamu bikin aplikasi tambahan, misalnya dengan Delphi. Aplikasi tersebut dijalankan di server, dan selalu mengecek isi file/database. Kalau ada request masuk, maka SMS tersebut dikirimkan. Cukup simple kan, menurutku sih :D Untuk sender ID, setauku itu harus sepengetahuan operator seluler yang bersangkutan, jadi harus ada ijin. Sebenernya kita kan berlangganan SMS kepada operator tersebut. Nah, kalo ingin sender ID berupa nama, kita bisa pesan pada operator yang bersangkutan. Harus bayar, mestinya ;)

Aryo Sanjaya

Jum'at Wage, 3 Maret 2006

Karena banyak rekan yang kesulitan menggunakan komponen MSComm, untuk update kali ini componen untuk komunikasi dengan COM aku rubah menggunakan XComDrv v.1.0, http://www.torry.net/authorsmore.php?id=2760 Untuk download source beserta paket yang sudah jadi, dapat juga lewat URL ini: http://www.bengkelprogram.com/download-ouxcom.zip Di situ paket tinggal di-open lewat IDE Delphi, lalu klik install. Semoga lebih mudah. Selain itu, komponen Variant tidak lagi digunakan, karena cuman menang tampang saja :D Sekarang tampilannya murni menggunakan komponen standar Delphi. Lebih jelek (sederhana) sih, tapi no problem. Perubahan lain, unit-unit yang tidak diperlukan, dibredeli agar program lebih ringan. Juga perbaikan beberapa metode baca/kirim SMS, sehingga sekarang sudah bisa membaca SMS dalam folder Draft dan Sent. Juga (yang tidak disadari sebelumnya) SMS split. Misalnya ada SMS yang panjangnya lebih dari 160 karakter, dan menjelma menjadi 2 SMS, tetap dapat terbaca, namun terpisah dalam record yang berbeda. Ada yang tau caranya supaya kedua SMS dapat tersambung? Penambahan lainnya, yaitu akses registry untuk menyimpan BaudRate dan nomor port. Simple sih, tapi lumayan berarti. Ok, saran dan masukan ditunggu. (Yang VB masih belum :D )

redcode

Selasa Pon, 7 Maret 2006

mas aku masih belajar nih mau tanya aku kemaren gagal install component variant, trus aku pake commport. udah bisa jalan sih tapi function untuk koneksi yang aku buat masih blon berhasil. Apa commport itu hanya perlu pada 1(satu) form aja atau bisa digunakan 2 atau lebih comport? untuk form kedua tidak masalah tapi setelah form ke 3 baru bermasalah. tolong ya mas? kalau bisa saya minta artikel yang menjelaskan fungsi2 dan procedure program mas Aryo buat belajar.

Aryo Sanjaya

Rabu Wage, 8 Maret 2006

Halo redcode, Untuk source yang baru ini, dia sudah tidak menggunakan Variant lagi, silakan download source yang baru :D Gak berhasil koneknya karena apa? Ada alasan errornya? Sebenernya satu komponen saja sudah cukup, untuk 'melayani' semua form. Asal di form yang membutuhkan komponen itu meng-uses form yang memiliki komponen, maka komponen tersebut sudah accessible dari form yang meng-uses. Dari kasus kamu, mungkin form 3 belum memiliki uses ke form 1. Untuk artikel yang detail mengenai fungsi dan procedure, aku belum punya. Mending kamu tanyakan bagian mana yang kesulitan, kita bahas bersama di sini, ok :)

Krishy

Rabu Wage, 8 Maret 2006

MsComm nya kadang kok gak bisa di install yho mas, dari pada pusing trus aku pake TOxygenSMS aja.kalo boleh tau knapa tuh mas

KRishy

Rabu Wage, 8 Maret 2006

boleh dicoba tuh artikelnya,,thank to mas aryo

Aryo Sanjaya

Rabu Wage, 8 Maret 2006

Halo Krishy, Iya tuh, emang sering bermasalah gitu. Biasane karena masalah lisensinya ilang. Di salah satu komentar pada artikel ini, Mbak Sri memberikan cara agar MsComm mau diinstall. Bagus juga tuh pake TOxygenSMS. Aku pernah download, tapi ga pernah pake. Tapi kalo pake komponen yang udah jadi gitu, kan jadi ga tau proses dasar pengiriman SMS :D Btw, aplikasi di artikel ini sekarang udah ga pake MsComm, tapi pake tOuxCom.

ip4nk

Jum'at Legi, 10 Maret 2006

Saya udah coba yang pake ouxcom, ga ada masalah yang berarti tuh, tapi pada saat pertamakali di jalankan ada error karena beberapa string yang dicari di dalam registry windows masih kosong (belum ada isinya) kalo ga salah dicari baudrate defaultnya. Aku usul aja, gimana kalo aplikasinya sekalian membaca dan mencatat incoming dan outgoing call, dan juga memiliki fungsi dial dari keyboard PC dengan suara dan speaker dari komputer dan bisa direkam. Judulnya kan Applikasi HP jadi bukan sekedar kirim dan terima SMS dong?!?!? Btw... thanks banget, what a great job , saya dapet ilmu yang berguna dari mas aryo sanjaya ini.

Aryo Sanjaya

Jum'at Legi, 10 Maret 2006

Halo ip4nk, Iya tuh, baru nyadar kemaren waktu dikasih tau sama Tie, tentang error pembacaan registry yang masih kosong. Segera diupdate deh :) Ide bagus, untuk melakukan dialing dari aplikasi. Tapi untuk yang ngerekam suara, hm, masih belum kepikir caranya. Ada ide? Tentang namanya... ga berpikir sampe sejauh itu sih, asal comot nama aja :D Ok, terima kasih masukannya.


Halaman Komentar:   < 1 2 3 4 ... 68 >

Mengisi Komentar





untuk kode program, apit dengan tanda [code][/code].
contoh:

[code]
(kode program)
[/code]



Daftar Artikel Delphi

» Mendesain Aplikasi Basis Data (57)
Senin Pon, 31 Maret 2008

Komponen Delphi berdasarkan mekanisme akses datanya: . Komponen BDE(borland database engina) Basis data yang di akses adalah: database paradox, dan dbase table. .Komponen ADO(activex data object) Basis data yang di akses:Ms Access,msSql serve

» Continues Form (191)
Selasa Wage, 13 November 2007

Continues Form

» Continues Form (42)
Selasa Wage, 13 November 2007

nCaed4 <a href="http://bkzdacqbfubh.com/">bkzdacqbfubh</a>, [url=http://khscellhtrft.com/]khscellhtrft[/url], [link=http://pvlsalgnhtlb.com/]pvlsalgnhtlb[/link], http://attadkftpvpn.com/

» Barcode Reader (293)
Sabtu Pahing, 20 Januari 2007

Menggunakan perangkat barcoder reader pada aplikasi kita sangatlah mudah

» Mengirim SMS dari PC (746)
Senin Wage, 28 November 2005

Jika sebelumnya sudah dibahas cara membaca SMS lewat PC, belum lengkap rasanya kalau tidak dibahas tentang proses pengiriman SMS lewat PC.



Halaman:    1  2  >  

Account Data
Anda belum login.






 

Login hanya diperlukan bagi kontributor untuk mengisi artikel/berita dan mengupload file/gambar
Status Y!M
Saya sedang Offline. Silakan gunakan menu Kontak atau tinggalkan pesan di Yahoo! Messenger pada Id: aryo_sanjaya
Artikel Rame
Aplikasi Handphone (675)
Senin Pon, 20 Februari 2006

Mengirim SMS dari PC (463)
Senin Wage, 28 November 2005

Membaca SMS dari PC (439)
Selasa Pahing, 14 Juni 2005

Source SMS Autorespond (342)
Senin Legi, 24 April 2006

Barcode Reader (163)
Sabtu Pahing, 20 Januari 2007

Bukutamu
» addin
Kamis Wage
30 Juli 2009

» shen
Senin Legi
27 Juli 2009

» iyha
Rabu Wage
15 Juli 2009

» wawan
Rabu Kliwon
1 Juli 2009

» fuad hasan
Minggu Kliwon
21 Juni 2009


Halaman Bukutamu
Daftar Fungsi
pasaran
Mencari nama hari dan nama pasaran
pdu2sms
Konversi dari PDU ke Teks SMS
bacarss
Membaca RSS dari beberapa situs
Jejak Halaman
© 2005-2017 BengkelProgram.com