Silakan tunggu sedang proses
Selasa Pon 27 Juni 2017 15:08
learn make rich
share make it perfect
Ayat Suci
Dan (ingatlah), ketika Kami belah laut untukmu, lalu Kami selamatkan kamu dan Kami tenggelamkan (Firaun) dan pengikut-pengikutnya sedang kamu sendiri menyaksikan.
(QS. AL BAQARAH:50)

 otomatis refresh

Javascript ayat
Para Rekan
Lain-lain
User online: 106
User login: 0
Statistik BengkelProgram.com
user/passwd: bpuser

Koneksi PC dan HP

Penulis
Tanya jawab dengan Pak Yanri

Aryo Sanjaya
Rabu Pahing, 1 Maret 2006

yanri nurwibowo <yanriemma@...> Mon, Jan 2, 2006 at 12:33 AM
To: aryo.sanjaya@gmail.com
Aku punya problem dengan kirim dan baca sms dengan hp dan PC. Masalahnya bagaimana kalo kirim dan baca sms ini melalui bluetooth. Sehingga diharapkan tidak memerlukan biaya walaupun jaraknya tidak bisa jauh. Aku pake usb bluetooth adapter kalo gak salah IVT bluesoleil(merek). Satu masalah lagi, gimana caranya memanfaatkan driver-nya. Sperti instruksi tulis dan baca yang memanfaatkan driver tersebut secara langsung, meski kita gak mempunyai komponennya dan kalo menggunakan instruksi-instruksi winapi saya susah mengerti dan daftar instruksinya dapat dari mana. Semuanya itu pake delphi 7. Maaf dan terimakasih atas bantuannya.

Aryo Sanjaya <aryo.sanjaya@gmail.com> Mon, Jan 2, 2006 at 1:32 PM
To: yanri nurwibowo <yanriemma@...>
Halo pak Yanri...
 
Saya merasakan adanya miss-link di sini ^_^
 
Kita (maksudnya aplikasi yang kita bikin) ga perlu berhubungan langsung dengan driver.
 
Tugas utama driver adalah menjembatani hardware itu dengan sistem operasi, sehingga sistem operasilah yang nantinya berhubungan dengan bluetooth.
Fasilitas yang hampir pasti ada adalah, adanya satu serial port komunikasi baru (COM), yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh aplikasi pengguna (user) untuk komunikasi dengan bluetooth.
 
Nah, melalui port COM inilah nanti aplikasi kita dapat membaca tulis terhadap HP, yaitu dengan mengetahui nomor port COM tersebut.
 
Karena berupa COM, sehingga aplikasi tidak perlu tau rupa fisik COM tersebut. Nantinya aplikasi dapat melakukan koneksi melalui bluetooth, infrared, atau data cable, dengan tanpa merubah cara konek, karena kalau dilihat dari sisi aplikasi, yang penting dia berhubungan dengan COM.
Artinya, yang penting drivernya diinstall dengan baik, maka nanti akan tercipta satu virtual serial port baru, yang dapat dilihat di Control Panel -> System -> Hardware -> Device Manager
-> Ports (COM & LPT)
 
Kalau masih belum muncul COM baru (biasanya ada tulisane bluetooth/infrared/data cable), berarti driver masih belum terinstall dengan benar.
 
Mungkin begitu? atau malah tambah bingung?
hehehe, panjang banget neh, jadi malu ^_^

Best Regards,

Aryo Sanjaya

 


yanri nurwibowo <yanriemma@...> Mon, Jan 9, 2006 at 12:51 AM
To: Aryo Sanjaya <aryo.sanjaya@gmail.com>
Maaf kalo mas jadi repot. tpi repotinsekali lagi maukan?
Gini mas aku pake bluetooth itu dilingkup OS windows XP. Di hardware manager yang tampil hanya Bluetooth device. Aku cari Virtual com nya berapa itu gak ada yang aku ngerti. Sebelum aku install Comm hanya sampe 3. setelah aku install keluar comm baru sampai 14. ada yang untuk DUN modem HID dll. maaf aku gak ngerti.
Trus aku mo kirim sms itu dari PC ke HP tapi hanya sebatas itu, gak sampe terkirim ke operator. yaa.. menghemat biaya gitu!!!
Oya mas di setup bluetoothnya tersedia serial port A & B yang ditempatkan pada COMM 8&9.
 
terimakasih yang sbebsar-besarnya!
 

Aryo Sanjaya <aryo.sanjaya@gmail.com> Mon, Jan 9, 2006 at 4:46 PM
To: yanri nurwibowo <yanriemma@...>
Halo Pak Yanri,
 
Kalo emang COM-nya sudah lebih dari 2 (melebihi jumlah COM secara fisik) berarti itu adalah virtual serial port.
Mestinya memang jumlah virtual COM cuma 1, sesuai jumlah device yang kita punyai. Tapi kadang kala, kalo drivernya ga stabil, jumlahnya bisa berlipat.
 
Misalnya sekarang virtual COM ada di port 7, nanti kalo device-nya dilepas, lalu ditancapkan lagi, dia akan menambah COM di port 8, sedangkan di COM 7 masih ada, tapi ga kepake.
 
Maka dari itu, saya sering menghapus semua device-nya, lalu diinstall lagi. Itu akan membersihkan (menghilangkan) virtual COM yang tidak dipake lagi.
 
Ok, kembali ke kasus.
 
Kalo anda sudah punya device bluetooth dan sudah terinstall dengan baik, langkah berikutnya adalah melakukan pairing, antara bluetooth anda dengan HP.
Biasanya dari menu aplikasi bawaan bluetooth ada menu untuk melakukan 'Add bluetooth device', atau semacamnya, sehingga HP anda akan terhubung dengan bluetooth.
 
Jika sudah terhubung, maka akan muncul 'modem' baru. Ini bisa dilihat di device manager, pada bagian 'modem'.
 
Kalo sudah muncul modem, anda bisa menggunakan berbagai macam aplikasi untuk mengirim SMS.
Tidak harus membuat sendiri seperti yang dibahas dalam artikel saya.
Untuk aplikasi bikinan anak negeri, silakan pake SMS.ME, download di sini:
 
Untuk yang banyak digunakan, anda bisa memakai aplikasi Oxygen Phone Manager atau Logo Manager.
Silakan search di google ^_^
 
Itu semua memanfaatkan modem yang telah terinstall tadi. Tapi ada juga aplikasi yang langsung mengakses HP itu sendiri, tanpa melewati modem. Gak masalah.
 
Jika sejauh ini anda masih bisa mengikuti, anda sudah di jalan yang benar.

Dan lagi, pengiriman SMS pasti melewati operator, karena fungsi dari berbagai macam aplikasi tersebut adalah sebagai cara pengiriman melalui PC.
 
Ok, kalo ada masalah lagi, silakan dikirimkan... saya senang untuk sharing kok.
 
Terimakasih,
 

Best Regards,

Aryo Sanjaya

 


yanri nurwibowo <yanriemma@...> Sun, Jan 29, 2006 at 9:46 PM
To: Aryo Sanjaya <aryo.sanjaya@gmail.com>
Terimakasih Mas atas bantuannya!!!!!!
 
Sekarang saya mo tanya lagi, gini mas kalo mo menghubungkan mikrokontroller ke usb bluetooth adapter itu bisa gak? apa tipe mikrokontrollernya? ada gak modulnya yang udah dijual disini? apa programnya juga berbeda dengan mikrokontroler lainnya seperti AT89c51? kalo mo cari tutorial ato pembahasan yang lengkap alamat websitenya dimana?
 
Terimakasih banyak dan jangan panggil aku bapak dong Mas Aryo yang terhormat!

 

Aryo Sanjaya <aryo.sanjaya@gmail.com> Tue, Jan 31, 2006 at 1:57 AM
To: yanri nurwibowo <yanriemma@...>
Halo lagi mas Yanri,

Jangan juga panggil aku yang terhormat dong :)
ok, biasa aja deh... hehehe...

Untuk pemrograman perangkat keras, aku masih kurang... dulu sih pernah sedikit membuat untuk ATMEL. Tapi amat sangat sederhana, ga bisa dibanggakan :)

Untuk USB, ada yang dijual rangkaian mentahnya, jadi kita mesti bikin sendiri device-drivernya. Dulu aku pernah diminta temenku bikin drivernya, untuk digunakan sebagai soundcard lewat USB. Tapi ga kesampean, dia keburu pulang kampung :(

Jadi aku ga bisa bantu banyak untuk kasus sampean ini. Kalo mau mencoba, silakan pake url ini:
http://www.beyondlogic.org/usb/usbhard.htm

Semoga ada yang dapat diambil :)

Ok, ditunggu kabarnya... saya akan senang kalo ada yang bisa dibantu :D



Best Regards,

Aryo Sanjaya

 

Aryo Sanjaya <aryo.sanjaya@gmail.com> Tue, Jan 31, 2006 at 2:06 AM
To: yanri nurwibowo <yanriemma@...>
Aku ga yakin apa ini membantu, tapi kayaknya penjelasane tentang dasar2 USB:

http://norum.homeunix.net/~carl/usbp/report-20030331.pdf

Best Regards,

Aryo Sanjaya

 

Komentar

Halaman Komentar:   1 2 3 ... 11 >

syamsu

Minggu Wage, 2 April 2006

site bengkelprogram ini bagus sekali buat aqu terutama dalam pembuatan program kirim & baca sms lewat pc aqu punya problem pada penangann driver com sedangkan saya menggunakn conneksi dengan infrared bagaimana caranya ya..........

Aryo Sanjaya

Senin Kliwon, 3 April 2006

Halo Syamsu, Jika belum terbentuk COM, kemungkinannya: - driver untuk k500 belum sepenuhnya terinstall. dari CD paketan waktu beli HP itu, usahakan sudah diinstall aplikasi PC Suitenya. - driver IrDA-nya masih belum sukses terinstall. jika sebelumnya sudah diinstall, remove dulu devicenya, dan install ulang driver untuk IrDA. - pastikan HP dan IrDA berhadapan dengan benar, sampai muncul icon tanda terkoneksi pada system-tray (di sebelah jam komputer). Silakan dicoba.

SAFIR

Senin Pon, 5 Juni 2006

Mas aryo. mau nanya nih..bisa tolong bantuin ga ? Gini..saya mau ngecek nama operator pake AT+COPS?, waktu saya pake iTegno GSM modem, bisa langsung nongol(misalnya "IND TELKOMSEL";), tp pas aku pake hp nokia 6610 aku, dia munculnya numeric format(jadi "551010";), bisa ga yg di hp nokia aku di set ato gimana caranya biar bisa jadi "TELKOMSEL" lagi ? anyway..thanks in advanced yah.. regards, SAFIR

Aryo Sanjaya

Selasa Wage, 6 Juni 2006

Safir, 551010 itu adalah kode untuk operator Telkomsel. Kalo ingin menampilkan nama operator, jika nilai yang kamu dapat adalah berupa kode, maka kamu perlu menerjemahkannya dulu. Lihat tabel lengkapnya, dapat diperoleh di sini: http://kbs.cs.tu-berlin.de/~jutta/gsm/gsm-list.html atau http://www.simplewire.com/developers/knowledge/reference/coverage/

hijria ramli

Kamis Legi, 8 Juni 2006

kami mau bikin tugas akhir koneksi HP dan PC by infrared untuk tampilan VB.6 dengan data base acces.kami ragu apakah bisa VB memproses data dari infra red.dan kami kekurangan bahan, bisa ga, bantu cari referensi buku yang cocok dengan masalah ini.

hendra

Kamis Legi, 8 Juni 2006

pak yanri yg terhormat' saya mau tanya gimana cara kirim SMS dari internet(PC) ke HP atau sebaliknya atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih .oh ya tolong balas ke email saya ya..."zoelfa_fis02@yahoo.co.id"

hendra

Kamis Legi, 8 Juni 2006

pak yanri yg terhormat' saya mau tanya gimana cara kirim SMS dari internet(PC) ke HP atau sebaliknya atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih .oh ya tolong balas ke email saya ya..."zoelfa_fis02@yahoo.co.id"

Aryo Sanjaya

Jum'at Pahing, 9 Juni 2006

Halo Syamsu, Jika belum terbentuk COM, kemungkinannya: - driver untuk k500 belum sepenuhnya terinstall. dari CD paketan waktu beli HP itu, usahakan sudah diinstall aplikasi PC Suitenya. - driver IrDA-nya masih belum sukses terinstall. jika sebelumnya sudah diinstall, remove dulu devicenya, dan install ulang driver untuk IrDA. - pastikan HP dan IrDA berhadapan dengan benar, sampai muncul icon tanda terkoneksi pada system-tray (di sebelah jam komputer). Silakan dicoba.

SAFIR

Minggu Wage, 11 Juni 2006

Mas aryo..mo nanya neh.. Kenapa jika concatenated message, untuk message yg berjumlah kelipatan 8 karakter selalu error AT command, aku send pake PDU mode. Untuk jumlah karakter yg tidak kelipatan 8 bisa disend dengan sempurna. Mohon bantuannya yah.. aku udah pernah ngirim problem ini sebelumnya..tp di list tidak dimunculin..jadi aku tulis lagi.. sekali lagi mohon petunjuk yah mas.. thanks.. salam, SAFIR

Aris

Senin Kliwon, 12 Juni 2006

hallo pak yanri... pemrograman dalam VB untuk menghubungkan komputer ke mikrokontroller melalui USB ada contohnya apa nggak, atau mungkin di WEB apa ya untuk informasinya.....terima kasih


Halaman Komentar:   1 2 3 ... 11 >

Mengisi Komentar





untuk kode program, apit dengan tanda [code][/code].
contoh:

[code]
(kode program)
[/code]



Daftar Berita Arsip

» AT command ME45 (217)
Rabu Pahing, 1 Maret 2006

Tanya jawab dengan Ujang Yaya Sunarya

» Tanya telp dari PC (45)
Rabu Pahing, 1 Maret 2006

Hasil tanya jawab dengan saudara Andika, mengenai penggunaan AT Command untuk proses pemanggilan



Halaman:    1  

Account Data
Anda belum login.






 

Login hanya diperlukan bagi kontributor untuk mengisi artikel/berita dan mengupload file/gambar
Status Y!M
Saya sedang Offline. Silakan gunakan menu Kontak atau tinggalkan pesan di Yahoo! Messenger pada Id: aryo_sanjaya
Artikel Rame
Aplikasi Handphone (675)
Senin Pon, 20 Februari 2006

Mengirim SMS dari PC (463)
Senin Wage, 28 November 2005

Membaca SMS dari PC (439)
Selasa Pahing, 14 Juni 2005

Source SMS Autorespond (342)
Senin Legi, 24 April 2006

Barcode Reader (163)
Sabtu Pahing, 20 Januari 2007

Bukutamu
» addin
Kamis Wage
30 Juli 2009

» shen
Senin Legi
27 Juli 2009

» iyha
Rabu Wage
15 Juli 2009

» wawan
Rabu Kliwon
1 Juli 2009

» fuad hasan
Minggu Kliwon
21 Juni 2009


Halaman Bukutamu
Daftar Fungsi
pasaran
Mencari nama hari dan nama pasaran
pdu2sms
Konversi dari PDU ke Teks SMS
bacarss
Membaca RSS dari beberapa situs
Jejak Halaman
© 2005-2017 BengkelProgram.com